Berita

    Sering Stress di Jalan Ini Tips Mengatasinya

    Stress di jalan merupakan masalah yang sebaiknya tidak boleh diabaikan. Sebab, hal tersebut bisa bermuara pada risiko-risiko yang tidak diinginkan. Tentu, mungkin saja stress tersebut dapat menyebabkan kecelakaan fatal.

    Maka demikian, jika Anda mengalami stress ketika di tengah perjalanan, alangkah baiknya untuk menerapkan sejumlah solusi. Memang bagaimana caranya? Temukan dalam pembahasan berikut!

    Penyebab Stress di Jalan

    Stress biasanya terjadi ketika seseorang memiliki banyak masalah seperti karena sekolah atau bekerja. Selain itu, berkendara ternyata juga bisa memicu stress. Lalu apa penyebab stress ketika di jalan? 

    Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang stress saat berkendara salah satunya adalah karena tergesa-gesa. Ketika tergesa-gesa ditambah kondisi jalanan yang macet akan membuat seseorang merasa stress dan emosi. 

    Penyebab lainnya yaitu saat macet sering terdengar suara berisik kendaraan, bunyi klakson yang saling bersahutan, anak menangis sampai cuaca yang panas di dalam mobil. 

    Cara Mengelola Stress ketika di Jalan

    Stress yang dialami seseorang saat berkendara bisa menyebabkan beberapa dampak buruk seperti hilangnya fokus dan kurang baik dalam mengendalikan kendaraan yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

    Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana cara mengelola stress di jalan yang baik sehingga perjalanan menjadi lebih menyenangkan apapun kondisinya. Berikut tips mengelola stress saat berkendara.

    • Memutar Musik

    Pertama, Anda bisa menghibur diri dan menghilangkan stress selama berkendara dengan mendengarkan lagu atau memutar video kesukaan Anda. 

    Mendengarkan musik atau radio kesukaan Anda bisa meningkatkan mood dan menghilangkan rasa cemas sehingga tubuh menjadi lebih rileks. 

    Saat memainkan musik pastikan Anda tidak menggunakan volume terlalu keras sehingga Anda tetap bisa fokus dalam berkendara.

    • Mengonsumsi Makanan

    Terjebak macet memang bisa menyebabkan seseorang menjadi stress dan emosi. Namun Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan seperti cemilan.

    Anda pun dapat mengandalkan buah-buahan, terutama mereka yang mengandung vitamin c. Perlu Anda tahu, vitamin ini bisa membantu menurunkan hormon stress.

    Jangan lupa penuhi kebutuhan hidrasi Anda dengan membawa minum air putih saat melakukan perjalanan!

    • Menghindari Jam Macet