Berita

    Mengenal Fungsi dari Odometer

    Odometer merupakan salah satu panel instrumen yang mengisi dasbor di sebuah kendaraan. Sama seperti komponen lainnya yang ada di dalam kendaraan, panel instrumen satu ini memiliki kegunaan alias fungsinya sendiri.

    Meski memiliki nama yang mirip dengan speedometer, namun fungsi dari panel instrumen yang sama-sama terdapat di area dasbor kendaraan ini memiliki fungsi yang berbeda.

    Untuk Anda yang belum memahami terkait apa itu panel instrumen yang mengisi ruang dasbor satu ini, artikel ini akan mencoba menjelaskan mulai dari pengertian hingga fungsinya.

    Pengertian Odometer

    Sebelum beralih ke pembahasan terkait fungsi, Anda perlu memahami terlebih dahulu tentang pengertian dari panel satu ini.

    Biasanya panel ini terletak di area dasbor dengan posisi persisnya berada di dekat panel speedometer yang memiliki fungsi sebagai panel penunjuk ukuran laju kendaraan.

    Sementara untuk odometer sendiri merupakan sebuah panel instrumen yang digunakan sebagai alat untuk menunjukkan jarak tempuh dari kendaraan tersebut.

    Semakin tinggi angka yang ditunjukkan oleh kendaraan, maka artinya semakin tinggi pula jarak yang sudah pernah ditempuh oleh kendaraan tersebut.

    Dihitung dalam satuan kilometer, panel ini akan mulai menghitung jarak tempuh kendaraan sejak digunakan untuk pertama kalinya.

    Fungsi Odometer

    Setelah memahami pengertiannya, berikut akan dijelaskan terkait fungsi dari panel yang posisinya berdekatan dengan panel speedometer.

    • Memberikan Informasi Terkait Jarak Tempuh Kendaraan

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, panel ini memiliki fungsi untuk menginformasikan kepada pemilik kendaraan atau pengendara terkait jumlah jarak yang sudah pernah ditempuh oleh kendaraan tersebut.

    Untuk gambarannya, apabila panel di dasbor kendaraan Anda menunjukkan angka sekira 20.000 meter, berarti hal itu memiliki maksud bahwa kendaraan Anda telah digunakan dalam rentang jarak 20.000 meter.

    Ukuran normal dari besaran angka yang terbilang wajar ditunjukkan oleh panel ini yaitu berkisar di angka 10 ribu hingga 20 ribu meter per tahunnya.

    Sehingga apabila kendaraan Anda menunjukkan angka lebih besar dari 20 ribu meter dapat dikatakan bahwa kendaraan tersebut digunakan dalam intensitas yang sering.

    • Sebagai Indikator yang Digunakan untuk Mempertimbangkan Pembelian Kendaraan Bekas

    Selain digunakan untuk menunjukkan jarak tempuh, fungsi odometer lainnya yaitu dapat digunakan sebagai indikator pertimbangan ketika Anda hendak membeli kendaraan dalam keadaan bekas.