Berita

    Tips dan Cara Melepas Aki Mobil yang Benar

    Ketika aki mobil anda bermasalah akibatnya mobil bisa mogok. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengganti aki mobil. Mengganti aki mobil tidak harus membawa mobil ke bengkel, anda bisa ganti aki sendiri dengan cara melepas aki mobil yang benar.

    Lalu, bagaimana cara melepas aki yang benar? Berikut ulasannya.

    Cara Melepas Aki Mobil

    Berikut beberapa tahap melepas aki mobil sendiri:

            1. Matikan Mobil

    Sebelum melepas aki, pastikan mobil anda dalam kondisi kunci off. Beberapa jenis mobil ada yang dapat mengalami reset throlettle ketika pemasangan dan pelepasan aki saat kunci on.

            2. Lepas Kabel 

    Selanjutnya lepas semua kabel, klem pada pole negatif terlebih dahulu. Jika kabel pada pole negatif sudah dilepas maka baru lepas kabel dan klem pada kutup positif. Pelepasan kabel pada pole negatif akan mencegah terjadinya hubungan arus pendek. 

    Apabila anda melepas kabel pole pada kutub positif terlebih dahulu dapat menyebabkan korsleting. Ketika melepas aki angkat aki dalam posisi tegak untuk mencegah cairan aki tumpah. 

            3. Bersihkan Kabel

    Tahap selanjutnya perhatikan bagian kabel atau klem aki. Apabila anda menjumpai bagian yang berkarat segera bersihkan dengan cairan anti karat. Karat pada kabel dapat menyebabkan terganggunya aliran listrik. 

    Cara dan Tips Memasang Aki Mobil

    Cara memasang aki baru yaitu pertama taruh aki pada dudukannya kemudian pasang kabel aki. Berbeda dengan ketika melepas, ketika memasang aki anda perlu memasang kabel pada pole positif terlebih dahulu sebelum memasang kabel pada pole negatif.

    Hal tersebut perlu diperhatikan karena apabila anda memasang kabel pada pole negatif terlebih dahulu dapat menyebabkan timbulnya percikan api atau korsleting pada kabel pole positif. 

    Seetelah semua kabel dan klem terkunci sempurna anda bisa tutup kembali kap mobil anda. Untuk mencoba aki baru berfungsi atau tidak bisa dilakukan dengan menghidupkan mobil anda. 

    Setelah aki dipasang mesin akan terasa bergetar, namun anda tidak perlu panik karena bukan berarti anda salah memasang namun aki perlu penyesuaian. Setelah mobil dijalankan maka aki akan menyesuaikan sendiri.

    Dalam mengganti aki, sebaiknya ukuran aki yang baru menyesuaikan dengan aki lama atau aki bawaan.