Berita

    Apa Itu Wax Mobil? Ketahui Ini, Fungsi dan Jenisnya

    Bodi mobil membutuhkan perawatan tertentu agar tetap terlihat apik. Selain mencuci mobil, pemilik kendaraan roda empat ini juga bisa sesekali mencoba wax mobil.

    Jangan salah, wax berbeda dengan polish mobil. Pasalnya, wax ketika diaplikasikan ke bodi mobil dapat melindungi cat dan mempertahankan warnanya.

    Sebaliknya, polishing dilakukan untuk mengembalikan kilau cat pada bodi mobil dengan mengikis permukaan cat yang sudah kusam. Untuk mengenal waxing pada mobil lebih jauh, simak informasi berikut ini!

    Apa itu Wax Mobil?

    Wax mobil adalah lapisan khusus berbentuk sintetis. Lapisan ini terbuat dari carnauba wax beeswax, natural oil, dan petroleum distillates. Pemakaiannya dengan mengaplikasikan wax pada permukaan bodi mobil.

    Wax untuk mobil berbeda dengan wax lain karena khusus digunakan untuk bagian eksterior mobil. Lapisan sintetis tipis ini akan melindungi kilau dan warna cat pada bodi mobil Anda.

    Seringnya, pemilik kendaraan roda empat memilih waxing bodi mobil ketika kendaraan masih baru dan warnanya masih bagus. Dengan begitu, warna tidak akan cepat hilang, pudar, atau menjadi kusam.

    Untuk mobil lama, harus melalui proses polishing terlebih dahulu sebelum waxing. Hal ini dilakukan agar warna kembali seperti awal sebelum dilindungi oleh lapisan wax.

    Apa Fungsi Wax Body Mobil?

    Fungsi wax mobil ditujukan untuk memberi perlindungan pada cat agar kilaunya dapat dipertahankan. Terlebih lagi, waxing dapat mencegah warna bodi mobil menjadi kusam dengan memberikan lapisan tipis wax di atas permukaannya. 

    Selain hal ini, wax mobil juga berguna untuk menghilangkan lecet atau goresan, serta melindungi cat mobil dari sinar ultraviolet yang berpotensi memudarkan cat jika terekspos dalam waktu lama.

    Terlebih lagi, wax mampu mencegah berbagai debu dan kotoran yang dapat mengelupas cat pada bodi mobil seperti kotoran burung, serangga, bahan korosif, dan lainnya.

    Jenis Wax Mobil

    Wax untuk mobil terdiri dari dua jenis produk, yaitu:

    • Spray Wax 

    Spray wax yang unggul dalam hal pengaplikasiannya karena jenis ini lebih gampang, namun tidak memberikan perlindungan yang lama.

    • Liquid Wax

    Berbeda dengan spray, liquid wax mampu memberikan perlindungan pada cat bodi mobil lebih lama. Pasalnya, liquid wax terbuat dari bahan yang lebih kental dengan konsistensi yang terjamin. 

    Cara Kerja Wax pada Mobil